Jalan Yang Tidak Kutempuh







Dua jalan bercabang dalam bukit batu kehidupan
Dan sayang aku tidak bisa menempuh keduanya yang walaupun ada pentunjuk jalan
Saya sebagai perantau, aku berdiri lama
Dan memandang ke satu jalan sejauh aku bisa
Kemana keelokannya mengarah di balik balik gunung batu


Kemudian aku memandang yang satunya, sama bagusnya,
Dan mungkin malah lebih bagus,
Karena jalan itu mulus dan membuat tertarik untuk ikuti
Meskipun tapak yang telah melewatinya
Juga telah merundukkan rerumputan,


Dan pagi itu keduanya sama-sama membentang
Di dekat hamparan batu yang di pinggir jalan belum terusik
Oh, kusimpan jalan pertama untuk lain kali !
Meski tahu semua jalan berkaitan
Aku ragu akan pernah kembali


Aku akan menuturkannya sambil mendesah
Suatu saat berabad-abad mendatang
Dua jalan bercabang di gunung batu, dan aku…

Aku menempuh jalan yang jarang dilalui

Dan itu mengubah segalanya.


Robert Frost [1916]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seorang Gadis Buta

Nick Vujicic : Motivator Tanpa Tangan dan Kaki

" KISAH UANG 150 JUTA "